Rabu, 15 September 2010

Dalam hidup, setiap orang pasti akan dihadapkan pada kondisi dimana dia harus membuka lembaran baru…dimana dia harus memulai sesuatu yang baru, sesuatu yang berbeda dengan apa yang dilakukan pada saat sebelumnya. Membuka suatu lembaran baru dalam kehidupan tidaklah semudah membuka lembaran baru di buku, kompleksitas hidup ini membuat lembaran baru tersebut tidak mudah untuk dimulai.
Ketika seseorang dihadapkan pada kondisi untuk memulai suatu lembaran baru kehidupan, dia bakal dihadapkan pada kenangan-kenangan masa lalu yang seolah mengikatnya sehingga ia sulit untuk melangkah memulai lembaran baru tersebut. Apalagi apabila telah sangat banyak hal maupun kenangan yang terjadi di lembaran yang lalu,  tentunya meninggalkan lembaran tersebut akan membuat suatu kekosongan yang besar dalam hati orang tersebut.
Seringkali di persimpangan ini orang mempertanyakan kembali apa yang menjadi tujuan hidupnya, apakah tepat baginya untuk melepaskan lembaran yang lama tersebut dan beralih ke sesuatu yang sama sekali baru, ataukah sebaiknya dia men-copy paste bagian-bagian dari lembaran masa lalu tersebut lalu meng-edit nya sehingga dapat sesuai dengan apa yang diharapkan sekarang. Bagaimana seseorang mengambil keputusan dalam kondisi seperti ini menggambarkan sejauh mana tingkat kedewasaan seseorang, seberapa jauh kisah-kisah kehidupan telah membuat seseorang dapat lebih berpikir dengan jernih dan dengan keluasan wawasan yang mencukupi.
Terkadang, bila ditelaah secara lebih mendalam lagi sebenarnya persimpangan masalah yang kita hadapi dalam kehidupan ini bukanlah suatu masalah baru yang tiba-tiba muncul. Misalnya, ada seseorang dan orang yang dia kasihi menemukan suatu permasalahan yang menyimpang di hadapan mereka, namun mereka mencoba mengambil alternatif dengan menjalani semuanya sambil berproses menuju ke suatu titik solusi yang belum tampak. Suatu saat mereka kembali dipertemukan lagi dengan permasalahan yang kalau dipikir secara jernih, mirip dengan persimpangan yang ada di lembaran yang lama tersebut. Kalau coba ditelaah, sebenarnya masalah yang dihadapi pada saat ini bukanlah suatu peristiwa lepas yang sekaligus mengakhiri lembaran yang lama. Dapat diartikan bahwa hal tersebut sebagai ‘tamparan’ bagi kedua insan ini untuk mengingat ‘PR’ mereka yang sempat terlupakan.
Melihat keterkaitan antara pembatas lembaran baru dan lama ini, sebenarnya seseorang bisa saja tidak perlu ‘menyiksa’ dirinya sendiri ataupun orang yang terkait dengan memulai segala sesuatu nya dari nol lagi, apalagi bila harus melepaskan lembaran lama tersebut sama sekali. Bukan suatu kemustahilan untuk memilih bersikap dengan nge-paste dan edit apa yang telah ada di lembaran yang lama. Mungkin perlu ada sikap realistis dalam memulai suatu lembaran yang baru. Namun, yang perlu diwaspadai adalah tipisnya perbedaan antara realistis dan pesimistis…Banyak orang yang terjebak ketika mencoba bersikap realistis dalam membuka lembaran ‘baru’ dalam hidupnya sehingga justru menjadi seorang yang pesimistis.
So, mari kita songsong lembaran baru dalam hidup kita masing-masing dengan positif, serta optimistis…jangan takut dan jangan menyerah menghadapi tantangan yang menyertaimu. Yakinlah bahwa jalan keluar dari suatu masalah bukan hanya antara A atau B saja, namun juga mungkin saja ada A sampai Z solusi yang mungkin masih belum terpikir.
Buka tiap lembaran baru dalam kehidupan dengan semangat pantang menyerah dan always think positive…

Semoga kamu bisa membuka lembaran ‘baru’  dan ‘menutup’ lembaran lama dengan bijak.

1 komentar: